Senin, 05 Januari 2015

ORNAMEN BATAK TOBA

    B. ORNAMEN BATAK TOBA
Ornamen adalah komponen produk seni yang ditambahkan atau sengaja dibuat untuk tujuan sebagai hiasan. Disamping tugasnya menghiasi yang implisit menyangkut segi-segi keindahan. Ornament batak toba disebut Gorga. Gorga Batak Toba adalah kesenian ukir ataupun pahat yang biasanya terdapat pada bagian luar (eksterior) rumah adat Batak Toba dan alat kesenian (gendang, serunai, kecapi), dan lain sebagainya. Hiasan ini ada yang berupa ukiran kemudian diberi warna, ada pula yang berupa gambaran saja. Warna yang digunakan selalu hitam, putih dan merah.
  1. Merah : melambangkan kecerdasan dan wawasan yang luas sehingga lahir kebijaksanaan.
  2. Putih : melambangkan kejujuran yang tulus sehingga lahir kesucian.
  3. Hitam : melambangkan kewibawaan yang melahirkan kepemimpinan.
Dilihat menurut bentuknya dari ornament dan gambar-gambarnya dapat pula Gorga itu mempunyai nama-namanya tersendiri yaitu:
1.      Gorga Ipon-Ipon
2.      Gorga Sitompi
3.      Gorga Simataniari (Matahari
4.      Gorga Desa Naualu (Delapan Penjuru Mata Angin)
5.      Gorga Si Marogungogung (Gong)
6.      Gorga Singa-Singa
7.      Gorga Boras Pati dan Adop Adop (payudara)
8.      Gorga Jorgom 
9.      Gorga Ulu Paung 


·         Gorga ipon-ipon




Hiasan ini adalah sebagai garis bawah suatu hiasan gorga dengan kata lain disebut hiasan tepi.arti dan fungsinya hanya sebagai keindahan memperkuat komposisi.


·         Gorga Sitompi
Sitompi berasal dari kata tompi, salah satu perkakas Petani yang disangkutkan dileher kerbau pada waktu membajak sawah. Gorga Sitompi termasuk jenis yang indah di dalam kumpulan Gorga Batak. Disamping keindahannya, kemungkinan sipemilik rumah sengaja memesankannya kepada tukang Uhir (Pande) mengingat akan jasa alat tersebut (Tompi) itu kepada kerbau dan kepada manusia


·         Gorga Simataniari (Matahari) 

Gorga yang menggambarkan matahari, terdapat disudut kiri dan kanan rumah. Gorga ini memiliki filosofi mengingat jasa matahari yang menerangi dunia ini, karena matahari juga termasuk sumber segala kehidupan, tanpa matahari takkan ada yang dapat hidup.










·         Gorga Desa Naualu (Delapan Penjuru Mata Angin)


Gorga ini menggambarkan gambar mata angin yang ditambah hiasan-hiasannya. Orang Batak dahulu sudah mengetahui/kenal dengan mata angin. Mata angin ini pun sudah mempunyai kaitan-kaitan erat dengan aktivitas-aktivitas ritual ataupun digunakan di dalam pembuatan horoscope seseorang/sekeluarga. Sebagai pencerminan perasaan akan pentingnya mata angina pada suku Batak maka diperbuatlah dan diwujudkan dalam bentuk Gorga.



·         Gorga Si Marogungogung (Gong)
Pada zaman dahulu Ogung (gong) merupakan sesuatu benda yang sangat berharga. Ogung tidak ada dibuat di dalam negeri, kabarnya Ogung didatangkan dari India. Sedangkan pemakaiannya sangat diperlukan pada pesta-pesta adat dan bahkan kepada pemakaian pada upacara-upacara ritual, seperti untuk mengadakan Gondang Malim (Upacara kesucian). Dengan memiliki seperangkat Ogung pertanda bahwa keluarga tersebut merupakan keluarga terpandang. Sebagai kenangan akan kebesaran dan nilai Ogung itu sebagai gambaran/ keadaan pemilik rumah maka dibuatlah Gorga Marogung-ogung


·         Gorga Singa-Singa

 

 Dengan mendengar ataupun membaca perkataan Singa maka akan terlintas dalam hati dan pikiran kita akan perkataan: Raja Hutan, kuat, jago, kokoh, mampu, berwibawa. Tidak semua orang dapat mendirikan rumah Gorga disebabkan oleh berbagai faktor termasuk factor social ekonomi dan lain-lain. Orang yang mampu mendirikan rumah Gorga Batak jelaslah orang yang mampu dan berwibawa di kampungnya. Itulah sebabnya Gorga Singa dicantumkan di dalam kumpulan Gorga Batak


·         Gorga Boras Pati dan Adop Adop (payudara)
Hiasan boraspati (cecak)



 Ornamen cecak yang disebut dalam ornamen batak yaitu boraspati mempuyai pengertian sebagai lambang kekuatan pelindung dari marabahaya dan memberikan tuah serta kekayan kepada manusia.
Fungsi hiasan boraspati dibuat sebagai pelindung harta kekayaan dan mengharapkan jadinya berlipat ganda. Makanya hiasan boraspati biasanya di buat didepan rumah.

Hiasan payudara

 Susu  diartikan sebagai lambang kesuburan dan kekayaan. Sering juga sebagai lambang keibuan  dengan pengertian pengasih dan penyayang. Biasanya hiasan  susu berjumlah empat buah sebelah  kiri dan empat buah disebelah kanan pada rumah.pada  rumah adat hiasan susu itu selalu berdampingan dengan boraspati seolah–olah mendekati susu. Ini artinya adalah orang Batak selalu mengingat dan pulang ke tanah kelahiran dimana ibunya berada, walau sejauh apapun mereka merantau. (Rike) 

·         Gorga Jorgom
Ada juga orang menyebutnya Gorga Jorgom atau ada pula menyebutnya Gorga Ulu Singa. Biasa ditempatkan di atas pintu masuk ke rumah, bentuknya mirip binatang dan manusia 

     ·         Gorga Ulu Paung 

Ulu Paung terdapat di puncak rumah Gorga Batak. Tanpa Ulu Paung rumah Gorga Batak menjadi kurang gagah. Pada zaman dahulu Ulu Paung dibekali (isi) dengan kekuatan metafisik bersifat gaib. Disamping sebagai memperindah rumah, Ulu Paung juga berfungsi untuk melawan begu ladang (setan) yang datang dari luar kampung. Zaman dahulu orang Batak sering mendapat serangan kekuatan hitam dari luar rumah untuk membuat perselisihan di dalam rumah (keluarga) sehingga tidak akur antara suami dan isteri. Atau membuat penghuni rumah susah tidur atau rasa takut juga sakit fisik dan berbagai macam ketidak harmonisan.



17 komentar:

  1. Kembangkan terus seni rupa daerah atau suku bangsa sebagai kekayaan seni Nusantara termasuk ornamen khas Batak..

    BalasHapus
  2. Kembangkan terus seni rupa daerah atau suku bangsa sebagai kekayaan seni Nusantara termasuk ornamen khas Batak..

    BalasHapus
  3. Mau tanya, ada jual buku tentang gorga singa2 gak?? Mauliate.

    BalasHapus
  4. Mau tanya, ada jual buku tentang gorga singa2 gak?? Mauliate.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Maaf bg brosnan saya tidak punya dan jual buku tsb. Trimakasih..

      Hapus
  5. Sangat bagus dan membanggakann, boleh di copy ga ya . thanx ya

    BalasHapus
  6. sukses selalu karya - karyanya dan jayalah bangso batak dimana pun berada

    BalasHapus
  7. saya salah seorang penggemar ornamen-ornamen kesukuan....trims buat anda

    BalasHapus
  8. kak ini knp gak bisa di copy ya? buat tugas sekolah:))

    BalasHapus
  9. saya ijin untuk share ya min

    BalasHapus
  10. Luar biasa. Yokkita lestarikan.

    BalasHapus